Tips Penelusuran Gua

Kegiatan ini merupakan kerjasama tim, karena dalam setiap penelusuran tidak dibenarkan seorang diri Jumlah minimal untuk eksplorasi juga adalah 4 orang. Hal ini didasarkan atas pertimbangan jika terjadi kecelakaan pada salah satu anggota kelompok, satu orang untuk menjaga sedangkan dua lainnya mempersiapkan pertolongan (Rescue), bila tidak mungkin carilah pertolongan penduduk setempat.

Sebelum memasuki gua, yang harus diperhatikan yaitu meninggalkan pesan kepada orang lain :
1. Berapa orang yang akan memasuki gua
2. Tujuan gua yang akan dimasuki
3. Bagaimana rute jalurnya
4. Berapa lama waktu penelusuran
5. Orang yang menjadi tim darat
Pengamat diluar gua akan sangat berguna untuk memberi peringatan, jika terjadi sesuatu diluar gua, misalnya :
Hujan lebat yang menyebabkan banjir didaerah dimana gua itu berada

Disiplin waktu yang telah disepakati Persiapaan sebelum memasuki gua :
Cek list peralatan team dan pribadi
Sebaiknya menggunakan Cover all / pakaian caving dengan bahan yang mudah kering
Gunakan helmet untuk melindungi kepala dari benturan batu – batuan
Bawalah senter/head lamp/boom (lampu karbit) untuk penerangan selama penelusuran
Bawa tas pinggang untuk peralatan dan perlengkapan serta logistik pribadi / kelompok
Jangan lupa kode etik penelusuran gua yang berdampak minimal-Federasi Speleologi Australia : Ingat,

SETIAP kegiatan penelusuran gua mempunyai dampak. Apakah penelusuran gua ini sangat penting? Jika tujuanya hanya untuk rekreasi, tidak adakah gua lain yang dapat dikunjungi, yang kerentanan rusaknya kecil? Lakukan kegiatan ini berdasarkan manfaat kunjungan, jumlah peserta dan pengalaman kelompok, jika PENELUSURAN INI AKAN MERUSAK GUA.



Jika memungkinkan, pimpinan kelompok adalah orang yang sebelumnya pernah memasuku gua
yang dimaksud, dengan demikian akan diketahui hal-hal peka yang ada didalam gua atau tempat-tempat istirahat yang baik, yang tujuanya adalah mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak ada manfaatnya.
Berjalan dengan santai. Anda akan dapat melihat dan menikmati lebih, selain mengurangi

kerusakan lingkungan gua dan memberi perlidungan pada diri anda sendiri. Terutama jika Anda lelah atau terlalu terpesona dengan apa yang terdapat didalam gua.
Jika di dalam rombongan ada penelusur pemula, yakinlah kalau ia senantiasa berada didekat
penelusur yang lebih berpengalaman, sehingga berdasarkan pengalaman yang dimiliki bantuan yang diperlukan dapat diberikan sewaktu-waktu, misal saat melalui lorong gua yang sulit. Jarak rombongan dengan anggota yang berjalan paling lambat jangan terlalu jauh.
Usahakan jumlah rombongan jangan terlalu besar 4 orang adalah yang terbaik
Sebagai suatu tim, selama berada didalam gua Anda harus saling tolong menolong.
Usahakan jangan berpencar, sehingga dampak buruk penelusuran dapat diperkecil.
Jaga kepala Anda dan rombongan yang lain.
Tegurlah jika mereka berbuat sesuatu yang sifatnya merusak.
Bawalah peralatan penelusuran sesedikit mungkin dan jangan sekali-kali menggunakannya
didalam gua atau bagian-bagiannya yang peka.
Yakinlah kalau anggota rombongan tidak berjanan sendiri ke mana-mana, yang tujuannya tidak jelas.
Berjalanlah melalui lintasan yang sudah ditandai. Apabila belum atau tidak ada lintasan yang ditandai CIPTAKAN!

Belajarlah mengenali endapan gua atau fenomena lainya, yang mungkin akan rusak jika Anda
menginjak atau merangkak diatasnya.

(Diambil dari Buku “PEDOMAN PERLINDUNGAN GUA DAN KARST, Komisi Dunia Kawasan Lindung-IUCN” oleh kelompok kerja Perlindungan Gua dan Kars-WCPA. Pengalih bahasa: Hanang Samodra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar